SEKILAS INFO

     » Selamat Datang Di Situs Resmi Sekretariat DPRD Kabupaten Madiun
Rabu, 24 Juni 2015 - 08:57:18 WIB
DPRD Setujui Dana 1Miliar Dipakai Untuk Bencana

Diposting oleh : Sekretariat DPRD
Kategori: umum - Dibaca: 255 kali

DPRD Kabupaten Madiun menyetujui penggunaan dana tak terduga yang dialokasikan pada APBD 2015 sebesar Rp.1 miliar untuk penanganan bencana banjir dan longsor melanda wilayah Kecamatan Dagangan pada 9 Februari lalu.

Hal ini setelah Bupati Madiun Muhtarom, menetapkan status tanggap darurat bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Kecamatan Dagangan sesuai surat Nomor 300/098/402.301/2015 tertanggal 21 Februari 2015 yang ditujukan ke DPRD setempat.

"Kita sudah terima surat resmi. Untuk menangani hal-hal yang bersifat penting dan darurat, boleh mendahului anggaran. Kita menyetujui (penggunaan dana tak terduga,red), karena memang ada dasarnya," kata Ketua DPRD Kabupaten Madiun Djoko Setijono,Selasa (24/2).

Sedangkan untuk pertanggung jawaban penggunaan anggaran tersebut pada saat APBD perubahan 2015.

"Kami minta eksekutif segera menggambil langkah strategis untuk penanganan tanggap darurat. Jangan sampai menunggu APBD-Perubahan, karena kasihan masyarakat yang menjadi korban,"ujar Ketua DPRD.

Sebagaimana diketahui, bencana banjir dan longsor terparah melanda 6 desa di Kecamatan Dagangan menelan 2 korban jiwa. Selain itu, juga mengakibatkan puluhan rumah rusak, ternak mati, insfrastruktur jalan dan jembatan rusak.

Bupati Muhtarom mengatakan akan menggunakan setengah dari dana tak terduga yang tersedia. sedangkan untuk kebutuhan perbaikan permanen akan dialokasikan pada APBD-Perubahan 2015.(***emi)

 

SUMBER : Buletin Aspirasi Edisi II-2015