SEKILAS INFO

     » Selamat Datang Di Situs Resmi Sekretariat DPRD Kabupaten Madiun
Senin, 22 Juni 2015 - 14:48:16 WIB
DPRD Dorong Percepatan Pembangunan Waduk dan Embung

Diposting oleh : Sekretariat DPRD
Kategori: umum - Dibaca: 506 kali

Hampir 9 tahun, Pemkab Madiun merencanakan pembangunan 2 waduk di kecamatan Wungu dan Gemarang, namun sampai saat ini hanya wacana dan tidak ada upaya tindak lanjut. Kondisi ini mendapat perhatian serius dari DPRD setempat. Komisi D dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Madiun Y Ristu Nugroho, selasa (27/1) lalu langsung bergerak cepat melakukan konsultasi ke Kementrian Pekerjaan Umum atas tindak lanjut pembangunan dua waduk tersebut.

"Sebagai wakil rakyat, kami mendukung rencana pembangunan waduk sesuai keinginan warga, karena ini  untuk kepentingan pertanian. Karena itu, kita lakukan konsultasi yang ke-empat kalinya," kata Ristu.

Sesuai hasil konsultasi, jelasnya,didapat penjelasan secaratertulis, bahwa wilayah Kresek nantinya dibangun Embung dan bukan waduk. Sedangkan di wilayah Gemarang tetap dibangun waduk Tugu.

"Alasan Kementrian, karena utuk proses pembangunan sebuah waduk harus memperhatikan aspek ketersediaan air, curah hujan, kondisi topografi, geologi, sosial lingkungan dan terkait ketersediaan lahan," jelas mantan Ketua DPRD Periode 2009-2014 ini.

Dijelaskan, dalam rangka percepatan, Kementrian PU meminta agar segera dilakukan tahapan proses dan ketersediaan lahan. Selanjutnya, MOU pelaksanaan antara Pemkab Madiun dengan Kementrian PU.

"Kami minta Pemkab Madiun serius dan segera mengambil langkah konkrit dan segera berkoordinasi dengan Pemprov Jatim terkait sharring pembebasan lahan. Hasil study, kebutuhan lahan untuk Embung sekitar 10 hektar" ujarnya.

Ristu menegaskan, pihaknya akan mendukung sepenuhnya rencana Pemkab Madiun dan siap mengalokasikan anggaran sharing untuk membebaskan lahan Embung.

"Saya punya keyakinan dalam satu tahun, masalah anggaran ini bisa direalisasikan karena lahan yang dibutuhkan tidak terlalu besar. setelah itu, tahun berikutnya bisa dilakukan pembangunan," tandasnya.

diketahui, rombongan Wakil Ketua DPRD diikuti Ketua dan anggota Komisi D serta pendamping dari Sekretariat DPRD diterima Kepala Sub Direktur Sungai dan Pantai Kementrian PU.

Selain melakukan konsultasi ke Kementrian PU, rombongan tersebut juga melakukan konsultasi ke DPR-RI terkait penganggaran pemindahan Ibukota Kabupaten Madiun. Agenda konsultasi dilakukan selama tiga hari mulai 26 hingga 29 Januari lalu.(***emi)